6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Mudah


Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Mudah

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan selalu menjaga kebersihan area tersebut. Anda pasti setuju jika gigi dan mulut merupakan aset yang sangat vital bagi setiap manusia.

Maka tidak berlebihan jika kesehatan gigi dan mulut pada akhirnya akan turut mempengaruhi pada kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh. Percaya atau tidak, ketika Anda mengalami infeksi pada gusi dan gigi, maka gangguan kesehatan ini dapat menyebar ke seluruh jaringan tubuh dan organ lainnya.

Risiko penyakit muncul pun tidak terbatas hanya pada area mulut dan gigi, namun juga dapat menimbukan gangguan kesehatan pada organ lainnya. Maka dari itu, alangkah bijaknya jika Anda senantiasa menjaga kesehatan serta kebersihan mulut dan gigi.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, antara lain:

1. Menggosok Gigi Dua Kali Sehari

Agar gigi dan mulut selalu bersih, Anda disarankan untuk menggosok atau menyikat gigi sebanyak dua kali sekali, masing-masing kurang lebih selama 2 menit. Adapun waktu yang tepat untuk sikat gigi adalah setelah bangun pagi dan sebelum tidur. Hal ini perlu Anda lakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut dan sela-sela gigi, serta untuk menghilangkan kuman.

Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk membersihkan area lidah agar kuman penyebab berbagai penyakit dan sisa makanan yang menempel di lidah dapat dihilangkan. Tak hanya mulut dan gigi yang bersih, nafas Anda pun akan menjadi lebih segar setelah menyikat gigi.

2. Menggosok Gigi Jangan Terlalu Keras

Kebiasaan menyikat gigi dengan keras tidak hanya berpotensi mengikis enamel gigi, namun juga berisiko melukai gusi hingga menyebabkan peradangan. Untuk itu, lakukan sikat gigi dengan lembut dan hati-hati sehingga kotoran dan kuman di sela-sela gigi bisa dihilangkan tanpa harus melukai gusi dan mulut Anda.

3. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Perlu Anda ketahui, fluoride merupakan salah satu kandungan alami yang terdapat dalam air minum dan makanan yang biasa kita konsumsi. Fluoride ini sendiri memiliki peranan membantu dalam menguatkan enamel gigi. Selain itu, zat ini juga berfungsi sebagai garda terdepan dalam hal pertahanan melawan berbagai kuman yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika Anda bukan perokok, maka jangan coba-coba untuk merokok. Namun jika Anda sudah terlanjur menjadi perokok, maka kami sarankan untuk segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya, merokok tidak hanya dapat mengganggu kesehatan paru-paru, namun lebih dari itu juga berisiko merusak lapisan enamel serta memicu munculnya penyakit pada gusi, akibat terhambatnya aliran darah menuju gusi. Akibatnya, gusi akan kekurangan nutrisi dan oksigen yang pada ahirnya akan membuat gigi dan mulut mudah terserang infeksi.

4. Cukup Minum Air Putih

Banyak orang yang suka sekali mengonsumsi makanan dan minuman manis. Padahal makanan dan minuman semacam itu dapat memicu rusaknya gigi akibat adanya penumpakan kuman di mulut yang menjadikan kondisi mulut menjadi asam.

Selanjutnya, kondisi asam tersebut akan memicu munculnya plak pada gigi yang bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan pada gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, karies gigi, peradangan pada gusi hingga munculnya bau mulut tak sedap.

Semua itu bisa diminimalsir dengan cara mengurangi atau membatasi konsumsi makanan dan minuman berasa manis, serta mengonsumsi air putih yang cukup. Pasalnya, air putih dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan di mulut dan sela-sela gigi, serta dapat mengurangi kadar asam di mulut tersebut.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat sangat baik untuk kesehatan mult dan gigi. Selain untuk mencukupi nutrisi dalam tubuh, makanan sehat akan membantu melindungi gigi dan mulut dari berbagai penyakit dan infeksi.

6. Rutin Memeriksakan Gigi

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dalam ha ini Anda disarankan untuk memeriksakan gigi gigi ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk memantau kesehatan serta mendeteksi secara dini jika saja ada masalah pada mulut dan gigi sehingga dapat segera ditangani dengan cepat dan tepat.

itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk menjafa kesehatan gigi dan mulut. Cara-cara di atas bisa Anda jadikan kebiasaan yang baik sehingga kebersihan serta kesehatan mulut dan gigi Anda dapat terjaga dengan baik.