Ketahui Penyebab Utama Sakit pada Punggung dan Cara Mengatasinya


Ketahui Penyebab Utama Sakit pada Punggung dan Cara Mengatasinya

Sakit atau nyeri punggung adalah sakit, nyeri atau kekakuan yang dirasakan pada sepanjang tulang belakang, mulai dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Sakit punggung biasanya bukanlah suatu kelainan, namun merupakan akibat dari cedera tulang atauput otot sepanjang tulang belakang atau gejala dari berbagai jenis penyakit yang diderita.

Adapun penyebab utama sakit pada punggung biasanya karena adanya permasalahan yang terjadi pada ruas tulang belakang, atau bisa juga akibat terjadi permasalahan pada jaringan di sekitarnya, seperti otot, pembuluh darah, atau saraf. Namun, penyebab paling umum adalah ketegangan pada tulang belakang yang diakibatkan karena cedera saat beraktivitas.

Penyebab Terjadinya Sakit Punggung

Sakit punggung umumnya diderita orang yang berumur di atas 25 tahun. Ketegangan tulang belakang atau tulang belakang umumnya disebabkan karena cedera dan gejala suatu penyakit.

1. Sakit Punggung Akibat Cidera

Sakit punggung karena cidera biasanya disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

  • Salah posisi tubuh ketika mengangkat, membawa atau menarik barang.
  • Kesalahan saat olahraga atau peregangan tubuh yang berlebihan.
  • Duduk atau berkendara dalam waktu lama
  • Berada pada posisi membungkuk tanpa jeda.
  • Posisi duduk yang tidak benar.
  • Sakit punggung saat bangun tidur tanpa sebab.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Sakit Punggung Akibat Penyakit Tertentu

Sedangkan sakit punggung yang disebabkan karena gejala penyakit tertentu biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Adanya masalah pada bantalan tulang belakang seperti pembengkakan aau pergeseran.
  • Adanya penyempitan saluran saraf tulang belakang (stenosis spinal).
  • Penipisan tulang belakang akibat osteoporosis.
  • Infeksi tulang belakang oleh bakteri atau jamur.
  • Adanya tumor atau kanker yang muncul di tulang belakang
  • Ruas tulang belakang yang patah, retak ataupun bergeser.
  • Sindrom cauda equina, yaitu penekanan pada tulang ekor.

Biasanya, sakit punggung yang dirasakan juga beragam dari rasa sakit di satu bagian pungung saja baik atas ataupun bawah. Sakit yang menjalar sepanjang tulang belakang. Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai adalah nyeri punggung yang tidak tertahankan, yang mempengaruhi kemampuan menahan buang air, disertai demam dan sakit yang menjalar sampai ke bagian lain sepertdi dada atau kaki. Jika muncul gejala lanjutan seperti ini ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mengatasi Sakit Punggung

Nyeri punggung akibat ketegangan atau cedera tulang belakang biasanya dapat diatasi dengan pengobatan sederhana dan dilakukan di rumah. Namun jika sakitnya semakin mengganggu dianjurkan berkonsultasi dengan dokter.

Berikut beberapa metode untuk menangatasi nyeri punggung secara mandiri yang bisa dilakukan di rumah:

1. Mengubah Gaya Hidup

Hal pertama yang perlu dilakuan adalah mengubah gaya hidup. Kelebihan berat badan, stres, dan postur tubuh yang buruk adalah penyebab utama sakit punggung. Memperbaiki asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh hingga memenuhi kebutuhan nutrisi tulang, otot dan sendi serta olahraga secara teratur dapat membantu mencegah sakit punggung dan gangguan tulang belakang.

2. Melakukan Aktivitas Fisik Ringan

Sebagian besar penderita nyeri punggung berpikiran sakit akan mereda dengan beristirahat sejanak. Pada kenyataanya tiduran saat nyeri punggung akan memperlama penyembuhan bahkan semakin terasa sakit saat bangun tidur. Aktifiitas ringan seperti berjalan kaki atau melakukan kegiatan sehari-hari yang ringan, justru akan membantu pemulihan nyeri punggung.

3. Mengompres Bagian yang Nyeri

Kompres dingin ataupun hangat terbukti dapat membantu meredakan ketegangan otot yang menyebabkan nyeri punggung. Koyo, plester pereda nyeri atau balsam juga dapat digunakan mengompres jika kesulitan melakukannya dengan air hangat atau es.

4. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Ketika sakit punggung yang menyerang tidak dapat ditoleransi bisa diredakan dengan obat pereda nyeri paracetamol atau obat yang diresepkan oleh dokter.

5. Memperbaiki Posisi tidur

Perubahan posisi tidur terbukti dapat membantu untuk meredakan nyeri dan mengurangi tekanan pada punggung. Gunakan kasur atau matas yang tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras serta hindari bantal yang terlalu tinggi. Saat sakit punggung menyerang tempatkan bantal di bawah lutut saat tidur telentang dan tekuk tunggai ke arah dada saat tidur menyamping, kedua hal ini menjaga postur punggung tetap pada posisi normal.

6. Fisioterapi

Jika mengalami sakit punggung tidak hilang setelah lebih dari 1,5 bulan, penderita sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Biasanya akan dianjurkan untuk pemeriksaan lanjutan atau fisioterapi.

Demikian informasi seputar nyeri punggung, utamanya terkait dengan penyebab dan cara mengatasinya.