5 Manfaat Mengajak Anak Traveling terhadap Fisik, Mental dan Jiwa


Manfaat Mengajak Anak Traveling dan Liburan

Berbagai manfaat traveling untuk anak yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Traveling merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Namun traveling jika dilakukan bersama anak yang masih kecil, konon rasanya merepotkan sekali. Namanya juga anak kecil, tentu perlu perhatian khusus apalagi saat ikut traveling.

Mulai dari bawaan yang dibutuhkan saat traveling, hingga anak-anak yang bisa saja suka rewel saat diajak melakukan perjalanan jarak jauh, atau liburan ke tempat yang kurang menyenangkan bagi sang buah hati.

Namun dibalik kerepotan yang sobat alami sebagai orang tua saat mengajak si kecil untuk traveling, sejatinya banyak manfaatnya loh yang bisa didapatkan oleh si anak.

Manfaat Mengajak Anak Traveling

Berikut ini adalah beberapa manfaat ketika sobat mengajak anak-anak saat traveling.

1. Melatih Fisik Anak

Manfaat yang pertama adalah menempa fisik anak-anak. Sobat tentu sudah mengetahui kalau traveling itu membutuhkan stamina yang kuat. Baik itu saat perjalanan maupun saat menikmati keadaan destinasi liburan yang sobat tuju.

Perubahan suhu dan perbedaan cuaca tentu akan berpengaruh pada fisik dan organ tubuh si anak. Jika berada di daerah dingin misalnya, tentu saja tubuh anak akan menyesuaikan diri, serta bisa saja hidung anak akan sedikit meler ingusnya ataupun sedikit kesulitan bernafas karena udara yang dingin. Ditambah lagi dengan kaki yang lebih sering berjalan sehingga semua itu akan melatih fisik anak agar semakin sehat dan kuat.

2. Merangsang Kemampuan Spasial

Kemampuan spasial ini biasanya berhubungan dengan kemampuan anak dalam memandang bentuk dan ruang, termasuk warna, garis, kontur, dan sifat keruangan lainnya. Saat perjalanan naik kapal laut atau pun pesawat terbang misalnya, tentu anak akan mengamati bentuk dalam ruangannya.

Juga warna-warna yang ia temui di saat traveling, termasuk pemandangan yang mungkin saja belum pernah ia temui sebelumnya. Ditambah lagi dengan bentuk bangunan serta pakaian yang ditemuinya mungkin berbeda dengan apa yang sering ia lihat setiap harinya.

3. Meningkatkan Kemampuan Panca Indera

Manfaat lainnya ketika sobat mengajak anak traveling adalah berkembangnya panca indera. Pasalnya, ketika berada di kawasan yang memiliki perbedaan suhu atau cuaca otomatis kulit anak akan merasakan perbedaan itu.

Selain itu juga mata anak akan terlatih untuk melihat hal-hal baru, termasuk pemandangan dan kebudayaan serta warna-warni kebiasaan di tempat lainnya. Ditambah lagi dengan telinga anak yang mungkin saja akan mendengarkan banyak bahasa yang asing baginya, termasuk suara alunan musik dan berbagai kendaraan yang ditemuinya saat ikut traveling.

Tidak ketinggalan hidung dan lidah anak sobat yang akan merespon aroma serta cita rasa masakan yang belum pernah ia ditemui sebelumnya. Tentu saja semua hal ini akan dapat merangsang indera-nya untuk semakin berkembang kemampuannya.

4. Mengasah Mental, Kedisiplinan dan Kemandirian

Mengajak anak traveling berarti akan melatih anak untuk lebih disiplin dan tidka mudah menyerah. Anak-anak akan sobat ajari untuk disiplin waktu agar tidak ketinggalan, membuang sampah pada tempatnya, serta belajar mandiri, bertanggung jawab terhadap kebutuhan diri sendiri. Misalnya berjalan kaki dengan tertib, minum ketika haus, hingga mandi dengan benar.

5. Jiwa yang Optimis

Pengalaman anak mengikuti traveling bersama orang tua mereka, membuat si anak akan memiliki pengalaman baru. Bisa saja ketika telah berada di rumah, mereka akan membayangkan kembali serunya traveling dan mereka pun berkeinginan untuk mengulanginya suatu saat.

Secara perlahan jiwa anak akan merasa kaya dan optimis karena ia beranggapan bahwa suatu saat bakal mampu melakukan traveling karena telah memiliki pengalaman dan bayangan yang nyata.

Demikianlah beberapa manfaat mengajak anak ikut traveling yang mungkin saja belum sobat sadari selama ini.