6 Tips Membeli Apartemen bagi Pemula yang Aman, Tepat dan Sesuai Kebutuhan


Tips Membeli Apartemen bagi Pemula yang Aman, Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Dewasa ini, apartemen sudah menjadi alternatif hunian yang banyak dipilih oleh masyarakat di perkotaan. Selain praktis dan mendukung haya hidup moderen, apartemen umumnya juga dibangun oleh pengembang dengan berbagai jenis dan tipe unit di dalamnya.

Dalam pembangunan apartemen, biasanya akan tersedia beberapa pilihan tipe yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tipe unit apartemen umumnya akan dihitung berdasarkan jumlah kamar.

Mulai dari tipe studio, tipe 1 bed room, kemudian ada juga tipe 2 bed room, dan hingga tipe 3 bed room. Dan jika Anda membutuhkan apartemen yang lebih besar, maka Anda bisa memilih tipe 4 bed room ataupun tipe unit Penthouse.

Khusus untuk tipe Penthouse (atau sering disebut juga dengan Griya Tawang) ini mrupakan tipe apartemen yang cukup istimewa. Pasalnya, tipe ini umumnya terletak di lantai paling atas, dilengkapi dengan fasilitas yang lebih mewah dan mempunyai ukuran yang sangat luas.

Dari sisi harga jual, setiap unit apartemen tentu saja akan mempunyai memiliki banderol harga yang berbeda. Semua itu dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya saja lokasi dan fasilitas yang ditawarkan.

Apartemen yang menawarkan fasilitas yang lebih lengkap ditambah dengan letasknya yang strategis di pusat kota misalnya, serta kemudahan akses ke berbagai fasilitas publik, tentunya akan memiliki harga yang lebih tinggi.

Faktor-faktor tersebut harus Anda perhatikan ketika hendak membeli apartemen. Terlebih lagi jika Anda masih pemula atau baru pertama kali akan membeli apartemen, tentu juga ada faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan.

Tips Aman Membeli Apartemen bagi Pemula

Tips Aman Membeli Apartemen bagi Pemula

Berikut adalah beberapa tips beli bagi Anda para pemula yang berniat untuk membeli apartemen dengan tepat dan aman, agar tidak menyesal nantinya.

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Tips pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli apartemen adalah mencari apartemen yang berada di lokasi strategis. Selain itu, lokasi tersebut sebaiknya juga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Umumnya, apartemen tersebut memiliki kemudahan akses dengan beberapa fasilitas publik yang banyak dibutuhkan orang, mulai dari fasilitas transportasi, pojok ATM, pusat perbelanjaan, faskes atau rumah sakit, sekolah, kawasan perkantoran, pusat perniagaan dan kawasan bisnis, serta fasilitas lainnya.

Terlebih bagi Anda seorang pebisnis, membeli apartemen di lokasi strategis seperti pusat kota merupakan sesuatu yang penting. Pasalnya, hal ini akan sangat memudahkan Anda menjalankan urusan bisnis serta dalam melakukan segala aktivitas keseharian.

2. Pertimbangkan Harga sesuai Budget

Meskipun lokasinya bagus dan cocok dengan kebutuhan Anda, jangan buru-buru membeli apartemen tersebut. Pertimbangkan juga harganya sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Meskipun dalam bangunan apartemen yang sama, harga apartemen bisa saja berbeda bergantung pada tipe, view, hingga fasilitas yang ditawarkan dalam unit apartemen tersebut.

Pastikan harga apartemen tersebut tidak melebihi budget yang sudah Anda persiapkan agar nantinya tidak mengganggu kesehatan keuangan Anda.

3. Pilih Cara Pembayaran yang Tepat

Ketika Anda memutuskan untuk membeli apartemen, umumnya Anda akan ditawarkan dengan berbagai pilihan cara pembayaran dari pengembang. Mulai dari pembayaran secara tunai keras, cicilan bertahap, hingga KPA (Kredit Pemilikan Apartemen).

Dari berbagai pilihan cara pembayaran tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika budget Anda sudah cukup, maka yang paling disarankan adalah membeli apartemen tersebut secara tunai atau hard cash.

Dengan membeli apartemen secara tunai, Anda berpeluang mendapatkan diskon atau potongan harga dan keuntungan lainnya yang akan diberikan oleh pengembang.

Sementara itu, metode pembayaran secara cicilan bertahap atau installment, umumnya pengembang akan memberikan berbagai keringanan kepada Anda. Pasalnya, Anda tidak akan dibebani dengan syarat-syarat khusus.

Anda bisa langsung melakukan pembayaran angsuran kepada pengembang. Hanya saja, cicilan bertahap ini biasanya memiliki jangka waktu yang tidak panjang dan ditentukan oleh pihak pengembang.

Sedangkan untuk metode pembayaran dengan KPA, Anda bisa mencicilnya hingga puluhan tahun. Sebagai konsekuensinya, Anda harus memenuhi berbagai syarat dan ketentuan dari pihak Bank.

Selain itu, dengan cara KTA ini nilai uang yang harus Anda bayarkan jika ditotal akan sangat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pembayaran tunai.

4. Pilih Pengembang dengan Reputasi Baik

Tips penting bagi pemula yang akan membeli apartemen selanjutnya adalah memilih pengembang yang memiliki reputasi baik dan terjamin. Pilihlah pengembang yang sudah memiliki banyak pengalaman dan mempunyai track record yang baik dan jelas dan sudah terbukti.

Anda bisa melihat dan menilai reputasinya dari berbagai pengalaman pengembang tersebut dalam membangun apartemen sebelumnya. Melalui pengalaman tersebut, Anda bisa menetukan apakah pengembang tersebut bisa dipercaya dan apakah kualitas apartemennya juga bagus untuk investasi properti di masa depan.

Selain itu, pastikan pengembang tersebut memiliki izin yang resmi dan legal serta prosedur yang sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

5. Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan

Ketika Anda akan membeli apartemen, jangan sampai kelewatan untuk memperhatikan fasilitas yang ditawarkan. Tidak hanya fasilitas di dalam apartemen saja, namun juga fasiltas pendukung lainnya yang sangat penting.

Misalnya saja fasilitas keamanan yang terjamin, dilengkapi dengan petugas keamanan yang selalu siap dan adanya CCTV 24 jam nonstop. Selain itu juga tempat parkir yang memadai dan teratur.

Perhatikan juga fasilitas pelengkap lainnya, seperti kolam renang, playground untuk anak-anak, ruang atau taman terbuka untuk bersantai, pusat kebugaran dan fasilitas lainnya yang bisa menjadi nilai tambah dari apartemen yang akan Anda beli.

6. Mencari Apartemen di Website Properti Terpercaya

Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi informasi, mencari apartemen tidak harus dilakukan secara offline atau konvensional. Saat ini, banyak website properti yang menawarkan berbagai apartemen sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satunya adalah website Rumah.com, website properti yang kredibel dan terpercaya.

Saat ini di Rumah.com ada berbagai pilihan bagi Anda yang berencana membeli apartemen di kawasan Jakarta Timur, salah satunya adalah apartemen sentra timur residence.

Kelebihan mencari apartemen secara online adalah Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah dan mendatangi bangunan apartemen satu persatu. Tentu saja mencari apartemen secara online akan sangat memudahkan Anda, menghemat waktu, biaya dan tenaga.