Pentingnya Menjaga Kualitas Produk untuk Menjaring Konsumen dan Pelanggan


Pentingnya Menjaga Kualitas Produk Menjaring Konsumen Pelanggan

Sebagian besar pengusaha yang gagal berawal dari tidak diperhatikannya kualitas produk yang mereka hasilkan setelah mereka mencapai keuntungan yang besar. Mereka seakan terlena oleh hasil sebelumnya dan tidak menyadari kegagalan yang telah mengintip akibat ketidakpedulian akan masalah kualitas ini.

Menjaga kualitas produksi merupakan sebuah syarat mutlak ditengah persaingan dunia usaha yang semakin ketat ini. Agar produk yang dihasilkan bisa bersaing dengan produk keluaran kompetitor mau tidak mau harus bisa menghasilkan produk yang kualitasnya paling tidak sedikit diatas produk saingan yang sejenis.

Untuk meningkatkan kualitas produk hasil produksi maka hal yang pertama menjadi perhatian adalah kualitas matrial produksi. Sebab bila bahan bakunya saja sudah tidak berkualitas mustahil produk yang dihasilkan kualitasnya akan tinggi. Oasalnya, bila kualitas produksi meningkat maka secara otomatis kuantitas produksi akan semakin meningkat seiring dengan tingginya permintaan pasar.

Oleh karena itu inovasi terhadap produk sangat perlu untuk diterapkan bila permintaan pasar dinilai telah turun pasar perlu diberi produk yang segar agar pemasaran kembali bergairah.

Simak Juga: Cara Meyakinkan Konsumen Terhadap Produk & Merek untuk Mendapatkan Kepercayaan & Loyalitas

Inovasi ini bisa berupa perubahan teknik penyortiran bahan baku sehingga bahan baku yang digunakan benar-benar bermutu. Riset pasar tentang produk yang diharapkan konsumen juga sangat penting, sampai dengan perubahan tampilan produk misalnya untuk produk sepeda motor.

Pasalnya, bisa jadi pasar telah bosan dengan desain motor yang biasa saja pabrikan motor bisa merubah tampilan motor dengan tampilan baru plus fitur-fitur terbaru juga. Atau bisa juga pabrikan motor mengeluarkan jenis motor yang belum banyak dipasaran atau tingkat pasarnya masih luas sehingga bisa memimpin dijenis atau tipe motor tertentu.

Contoh lain misalnya produk makanan yang kandungan gizinya lebih tinggi dari produk sejenis maka akan lebih dipilih oleh konsumen.

Sebab konsumen jaman sekarang lebih pintar dalam menentukan mana produk yang berkualitas dan mana produk yang abal-abal. Konsumen pun dewasa ini lebih memilih produk yang sedikit lebih mahal tapi berkualitas daripada produk murah yang ujung-ujungnya malah membuat pengeluaran menjadi lebih besar karena tidak awet.