Pentingnya Analisis Kohort pada Bisnis Startup yang Perlu Diketahui


Pentingnya Analisis Kohort pada Bisnis Startup yang Perlu Diketahui

Pemilik bisnis startup umumnya menggunakan data jumlah pengguna sebagai salah satu faktor penetu pertumbuhan dari startup yang dikembangkannya. Selain itu, rasio pengguna yang menjadi konsumen tetap juga perlu diperhitungkan.

Maka dari itulah, pelaku bisnis startup harus memahami analisis kohort sehingga dapat mengetahui detail penggunanya, dalam hal perilaku hingga dan tingkat keterlibatan terhadap produk startup tersebut

Adapun analisis kohort adalah sebuah metode kuantitatif guna melakukan user research. Melalui analisis kohort ini, pelaku startup diharapkan akan bisa memahami bagaimana perilaku dan respon pengguna terhadap produk yang dimiliki oleh sebuah startup.

Memahami Analisis Kohort

Analisis kohort itu sendiri sejatnya berasal dari bahasa Inggris, yakni chort analysis. Di mana secara harfiah merupakan analisis kelompok atau unit. Analisis kohort sudah umum digunakan dalam berbagai bidang, termasuk di dalam bisnis startup.

Pada bisnis startup, analisis kohort mencakup bagaimana perilaku user yang berfokus pada data dari berbagai platform startup digital, misalnya Anda memiliki produk berupa aplikasi. Melalui data yang dikumpulkan dari analisis tersebut, Anda sebagai pelaku startup bisa memahami bagaimana tingkat keterlibatan pengguna (user engagement) terhadap produk yang Anda miliki.

Peran Analisis Kohort untuk Bisnis Startup

Manfaat dan peran penting dari analisis kohort bagi startup ini dapat Anda pahami dari bagaimana fungsi atas penerapan analisis ini. Pada dasarnya, analisis kohort ini dapat Anda jadikan sebagai metode monitoring dan tolok ukur guna mengembangkan pengguna produk Anda menjadi konsumen tetap atau pelanggan setia.

Pasalnya, salah satu kriteria bisnis startup yang Anda kembangkan dapat dikatakan sehat jika sudah mempunyai pengguna tetap dalam jumlah banyak.

Hal ini seiring dan sejalan dengan tujuan Anda membangun startup guna mendapatkan keuntungan dari para pengguna melalui penjualan produk atau layanan yang Anda miliki.

Hanya saja, untuk bisa mendapatkan keuntungan, Anda sebagai pelaku bisnis startup juga harus mempertimbangkan siklus hidup pelanggan (customer lifetime value). Di mana siklus hidup pelanggan ini sendiri mencakup akuisisi, retensi, dan juga pengembangan pelanggan.

Dalam hal ini analisis kohort memiliki peran penting untuk menganalisis startup Anda. Di mana melalui data yang Anda kumpulkan, Anda akan melihat bagaimana tingkat perilaku dan keterlibatan pelanggan terhadap produk Anda. Selain itu, analisis kohort ini juga bisa Anda pakai untuk mengelola strategi terkait customer relationship management (CRM).

Selanjutnya, strategi CRM yang ideal akan menghasilkan banyak pengguna tetap bagi produk yang Anda miliki. Bahkan lebih dari itu, Anda pun juga berpotensi besar dalam mendapatkan pengguna baru.

Di samping itu, dari hasil dan kesimpulan yang Anda dapatkan dari analisis kohort dan strategi CRM yang tepat ini nantinya Anda juga dapat mengembangkan produk atau layanan benar-benar sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Inilah pentingnya analisis kohort untuk bisnis, apalagi data yang disajikan tidak hanya sebatas angka.

Setelah Anda memahaminya, kini Anda dapat menyimpulkan bahwa analisis kohort memiliki peranan yang penting bagi perkembangan dan pertumbuhan bisnis startup yang Anda bangun.

Dari perilaku pengguna, respon dan keterlibatan mereka terhadap produk atau layanan yang Anda miliki, maka Anda dapat dengan mudah mengembangkan produk tersebut misalnya dengan menambahkan berbagai fitur agar semakin memudahkan para pengguna.

Selain itu, analisis kohort yang didukung dengan strategi CRM yang tepat diharapkan akan memudahkan bisnis startup Anda dalam mencapai product market fit dan memperoleh keuntungan yang besar.