Cara Mencuci Baju agar Bersih, Tidak Merusak Warna dan Serat Kain


Cara Mencuci Baju agar Bersih, Tidak Merusak Warna dan Serat Kain

Mencuci baju adalah suatu keharusan, salah satu pekerjaan rumah yang wajib dilakukan. Mencuci baju juga merupakan upaya menjaga kesehatan, karena setelah kita beraktivitas tidak jarang baju terkena debu, dan kotoran. Ditambah lagi dengan bakteri dan virus yang juga dapat menempel pada serat pakaian.

Saat ini memang banyak bertebaran jasa laundry, namun tidak jarang pula laundry justru merusak baju kesayangan Anda. Sebenarnya mencuci baju bukanlah hal yang berat, jika Anda mengetahui cara yang benar. Berikut adalah penjelasan mengenai cara mencuci baju dengan benar dan mudah, agar pakaian Anda bersih dan juga tetap awet baik warna maupun serat kain.

Cara Mencuci Baju dengan Benar & Mudah

Terdapat dua cara umum mencuci baju, yakni dengan menggunakan tangan dan juga dengan menggunakan mesin cuci. Dalam artikel kali ini akan dibahas tersendiri, bagaimana mencuci dengan tangan da bagaimana mencuci dengan mesin cuci

1. Cara Mencuci Baju dengan Tangan

Mencuci baju dengan tangan memang lebih lama dan sedikit melelahkan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar cucian Anda bersih dan baju tidak rusak:

  • Larutkan detergen dalam air, gunakan bak agar permukaannya lebih luas sehingga memudahkan Anda saat mengucek. Jangan menggunakan terlalu banyak air, buat agar cucian terendam secukupnya.
  • Masukkan baju dalam larutan detergen, kemudian rendam selama kurang lebih 30 menit. Pisahkan rendaman pakaian luntur, pakaian gelap dan juga pakaian putih. Untuk bahan sutra dapat dimasukkan belakangan karena tidak boleh direndam terlalu lama.
  • Setelah direndam kucek pakaian satu per satu untuk menghilangkan noda. Fokuskan pada area kerah, ketiak, ujung lengan atau area yang biasanya lebih kotor.
  • Untuk bahan yang keras dan sulit dikucek, Anda dapat menghilangkan noda dengan menggunakan sikat.
  • Bilas pakaian 2 – 3 kali hingga air bilasan tidak berbusa. Jika ingin menggunakan pewangi atau pelembut dapat Anda gunakan saat bilasan ke 3. Rendam pakaian dalam pelembut sekitar 10 – 15 menit saja.
  • Saat memeras usahakan jangan memuntir pakaian terlalu keras karena akan merusak serat kain terutama kaos.

2. Cara Mencuci Baju dengan Mesin Cuci

Mencuci pakaian dengan mesin memang tidak banyak membuang tenaga. Namun mesin cuci kerap merusak pakaian jika Anda tidak mengoperasikannya dengan benar. Berikut adalah cara mencuci pakaian dengan mesin cuci:

  • Pisahkan cucian berdasarkan warna dan juga jenisnya.
  • Jika terdapat noda tebal dan mengering, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu. Jika tidak, kotoran akan terlepas saat dicuci dan malah menempel pada pakaian yang lain.
  • Setting air yang akan digunakan sesuai dnegan banyaknya cucian. Jangan sampai kurang atau terlalu berlebihan.
  • Operasikan mesin cuci sesuai jenis kain yang dicuci, jika menggunakan pengering segera jemur setelah selesai agar baju tidak terpilin teralu lama.

Tips Penting Ketika Mencuci Baju

Dari kedua cara mencuci tersebut, ada beberapa tips penting yang harus dilakukan agar baju lebih awet dan tidak cepat rusak, yaitu:

  • Cucilah baju sesuai label pencucian yang terdapat pada baju
  • Periksa semua saku dan keluarkan benda keras seperti koin, peniti bros dll
  • Buka semua kancing dan resleting
  • Pisahkan pakaian luntur dan pakaian baru, beberapa pakaian baru terutama batuk akan luntur saat pencucian pertama.
  • Jangan menjemur baju dibawah matahari langsung terlalu lama, segera pindahkan pada bagian teduh jika sudah setengah kering.
  • Jemur baju dengan cara digantung agar cepat kering dan mudah disetrika.

Ketika mencuci menggunakan tangan, Anda bisa menggunakan Rinso Deterjen Bubuk Colour Care yang sangat efektif dalam menghilangkan noda membandel pada pakaian, namun tetap dapat menjaga kualitas warna pakaian. Sementara itu jika Anda mencuci memakai mesin cuci, maka Anda bisa menggunakan Rinso Matic Deterjen Cair yang dapat meresap hingga ke serat kain terdalam sehingga akan mampu mengangkat noda membandel jauh lebih efektif.