7 Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami yang Ampuh dan Mudah Dilakukan


Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

Kolesterol dalam tubuh manusia sebagian besar diproduksi oleh sel-sel hati dan memiliki banyak fungsi penting. Sebagian besar kolesterol yang dihasilkan ini merupakan hasil olahan dari makanan.

Sejatinya, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang terbatas. Untuk itu, kurangi kolesterol dengan segera jika kadarnya sudah terlampau tinggi di dalam tubuh Anda. Pasalnya, terlalu banyak kolesterol akan menimbulkan masalah karena kolesterol merupakan zat yang tidak larut dalam air.

Di dalam tubuh, kolesterol dibawa dan diedarkan oleh lipoprotein. Di mana kadar lipoprotein dalam tubuh akan menentukan kesehatan Anda. Kadar low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi mengakibatkan deposit kolesterol di dinding pembuluh darah, yang mana dapat menyebabkan penyumbatan arteri, stroke, serangan jantung dan gagal ginjal.

Sedangkan high-density lipoprotein (HDL) akan membantu membawa kolesterol menjauh dari dinding pembuluh.

Cara Alami Menurunkan Kolesterol

Untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, inilah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

1. Mengganti Makanan dengan Lemak Tak Jenuh

Cara pertama untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh adalah dengan mengganti makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Beberapa makanan dengan kandungan lemak tak jenuh yang menyehatkan antara lain mulai dari zaitun, minyak zaitun, alpukat, ikan, minyak canola, kacang pohon, almond, kenari, pecan, hazelnut, hingga kacang mede.

2. Menurunkan Berat Badan

Tidak dapat dipungkiri bahwa orang yang kelebihan berat badan biasanya memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Cara mudah menurunkan kolesterol secara alami yang kedua yaitu dengan menurunkan berat badan. Penurunan berat badan akan membantu meningkatkan HDL yang bermanfaat dan menurunkan LDL yang berbahaya.

3. Menghindari Lemak Trans

Menghindari lemak trans merupakan cara selanjutnya untuk mengurangi kolesterol. Adapun lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah dimodifikasi oleh proses yang disebut hidrogenasi. Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol total dan LDL, serta menurunkan HDL sebanyak 20%.

Salah satu sumber lemak trans adalah gorengan. Untuk mengurangi kolesterol, sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi gorengan.

4. Memperbanyak Konsumsi Makanan Serat Larut Air

Cara yang berikutnya untuk menurunkan kolestreol adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut air atau soluble fiber. Serat larut adalah sekelompok senyawa berbeda dalam tanaman yang larut dalam air dan tidak dapat dicerna manusia. Namun, bakteri menguntungkan atau probiotik yang hidup di usus menggunakan serat larut ini sebagai nutrisi.

Jika dalam usus Anda jumlah bakteri baik ini cukup maka bakteri ini juga mampu mengurangi jumlah lipoprotein berbahaya, LDL dan VLDL dalam tubuh. Selain itu serat larut juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Serat larut terdapat pada beberapa jenis makanan, seperti kacang polong, apel dan pir, gandum dan biji-bijian utuh.

5. Rajin Olahraga

Selanjutnya, Anda juga bisa mengurangi kolesterol dengan rajin berolahraga. Manusia memang ditakdirkan untuk aktif bergerak. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain dapat mengurangi kolesterol olhraga juga dapat menurunkan berat badan dan juga meningkatkan kebigaran. Bahkan olahraga juga dapat mengurangi LDL berbahaya dan meningkatkan HDL bermanfaat dalam tubuh.

6. Berhenti Merokok

Cara alami yang keenam untuk menurunkan kolesterol adalah dengan berhenti merokok. Seperti telah diketahui merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan tar tembakau dapat mengacaukan tubuh dengan mengubah cara tubuh menangani kolesterol.

Sel-sel kekebalan pada perokok diketahui tidak dapat mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh ke darah untuk diangkut ke hati. Sel-sel kekebalan yang disfungsional ini akan mengakibatkan arteri tersumbat yang lebih cepat daripada non perokok.

7. Hentikan Kebiasaan Minum Alkohol

Selain berhenti merokok, Anda juga harus mengentikan kebiasaan minum alkohol untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Pasalnya, alkohol juga bekerja mengacaukan fungsi tubuh.

Kadar alkohol yang terlalu banyak dalam darah akan membuat tubuh mengangkut kolesterol dengan cara terbalik. Yaitu kolesterol dikeluarkan dari darah dan dinding pembuluh darah dan dibawa kembali ke hati.