Cara Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor dengan Mudah, Tidak Perlu ke Bengkel


Cara Mudah Mengganti Minyak Rem Sepeda Motor dengan Benar Tanpa ke Bengkel

Tips bagaimana cara mudah untuk mengganti minyak rem pada motor dengan benar, sehingga sobat tidak perlu membawanya ke bengkel. Pasalnya, sobat dapat mengerjakannya sendiri di rumah. Asik kan?!

Fungsi Rem

Rem memiliki fungsi yang sangat penting bagi suatu kendaraan. Selain itu, keefektifan rem juga sangat diharapkan oleh semua pengendara motor. Sebab rem yang berfungsi dengan baik pastinya akan membuat si pengendara merasa aman dan nyaman pada saat menggunakan kendaraan.

Baca Juga: Cara Setting Jam Digital pada Motor Honda CB150R dengan Mudah

Oleh sebab itu, kondisi rem pada kendaraan sobat harus di perhatikan dengan baik, terutama pada bagian minyak rem maupun kampas remnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan tentang cara mudah mengganti minyak rem pada sepeda motor dengan benar.

Minyak Rem Bermasalah

Terkadang rem pada sepeda motor yang sobat miliki kerap kali mengalami kendala atau tidak begitu maksimal pada saat digunakan, padahal kondisi kampasnya masih tebal. Hal semacam itu disebabkan karena pada bagian minyak rem terjadi masalah, dimana volume dari minyak rem tersebut telah berkurang atau bahkan telah tercampur dengan udara.

Minyak rem yang terdapat pada rem cakram tersebut berfungi sebagai alat untuk pemasok tenaga dari tuas rem untuk menciptakan dorongan pada kampas rem sehingga pada saat digunakan rem berfungsi dengan baik.

Cara Mengganti Minyak Rem

Nah, dari permasalahan tersebut, berikut ini telah kami siapkan ulasan tentang cara mudah mengganti minyak rem pada sepeda motor. Adapun cara untuk mengerjakannya yakni sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan membuka kedua baut yang terdapat pada master rem.
  2. Selanjutnya silakan sobat pasang selang pada baut nepel, setelah itu kendorkan.
  3. Kemudian kencangkan kembali bautnya pada saat minyak rem sudah bersirkulasi hingga bagiannya menyatu dengan cakram.
  4. Setelah itu, jangan lupa sobat pastikan minyak rem yang lama sudah keluar semua lalu ganti dengan minyak rem yang baru.
  5. Berikutnya adalah sobat tuang minyak rem yang baru ke dalam master rem.
  6. Setelah sudah dimasukkan ke dalam mester rem, sobat lakukan proses bleeding dengan cara mengapit tuas rem secara berulang-ulang.
  7. Lalu sobat tekan tuas rem hingga tidak ada udara di bagian selang dan rem bisa kembali berfungsi dengan baik.
  8. Sobat pastikan juga volume minyak rem yang baru terdapat pada garis antara lower dan upper.
  9. Setelah semuanya telah berfungsi dengan baik, kemudian sobat tutup kembali master rem lalu pasangkan juga kedua bautnya.

Jangan Lewatkan: Cara Mudah Mengganti Kampas Kopling Vixion dengan Baik dan Benar

Itulah ulasan dan penjelasan mengenai langkah-langkah dalam mengganti minyak rem untuk sepeda motor yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas tadi bisa bermanfaat bagi sobat tonggos.com semua.